You need to enable javaScript to run this app.

Visi dan Misi

VISI MISI SMK Ma'arif Ponjong

  1. Visi Misi dan Tujuan Sekolah
    1. Visi Sekolah

”Terwujudnya Sekolah Berprestasi, Beriman dan Bertaqwa, Cerdas, Terampil, Mandiri dan Berbudaya,”

  1. Misi Sekolah

Dalam rangka mencapai visi tersebut, misi yang akan dilaksanakan SMA Pembangunan 3 Ponjong  adalah sebagai berikut:

  • 1) Melaksanakan kegiatan penanaman nilai-nilai keagamaan dalam rangka terbentuknya manusia yang beriman dan bertakwa sesuai dengan aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah.
  • 2) Menyelenggarakan penanaman nilai-nilai social budaya dalam rangka terbentuknya manusia berbudi pekerti luhur.
  • 3) Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran inovatif, kreatif, menyenangkan, dinamis, dan efektif dalam rangka penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • 4) Menyelenggarakan pendidikan keterampilan berbasis keunggulan lokal dalam rangka terbentuknya insan yang terampil , mandiri dan kompetitif.
  • 5) Menyelenggarakan kegiatan kesenian dan penanaman nilai-nilai budaya bangsa dalam rangka keseimbangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik
  1. Tujuan Sekolah

Tujuan yang ingin dicapai SMA Pembangunan 3 Ponjong adalah :

  • 1) Meningkatkan layanan pendidikan dengan meningkatkan kompetensi Tenaga Kependidikan dalam hal pengelolaan administrasi pendidkan.
  • 2) Meningkatkan mutu pembelajaran dengan meningkatkan kemampuan guru, baik kompetensi akademik maupun profesionalismenya, yang diharapkan pada gilirannya mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
  • 3) Memenuhi  8 (delapan) standar nasional pendidikan secara bertahap, dengan tekanan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan, tersedianya dana operasional yang cukup, serta membuka peluang peran serta masyarakat secara proporsional.
  • 4) Implementasi secara integral nilai-nilai budi pekerti luhur.
  • 5) Menyiapkan peserta didik dengan bekal yang cukup untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan/atau memasuki dunia kerja.
  • 6) Sekolah mampu mengembangkan karakter siswa melalui integrasi pada manajemen sekolah, pengembangan diri dan mata pelajaran,

Dengan indikator sebagai berikut :

  1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah;
  2. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri; 
  3. Menunjukkan sikap percaya diri;
  4. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas;
  5. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional;
  6. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif;
  7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif;
  8. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya;
  9. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari;
  10. Mendeskripsikan gejala alam dan sosial; 
  11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab;
  12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam negara kesatuan Republik Indonesia;
  13. Menghargai karya seni dan budaya nasional;
  14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya;
  15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang dengan baik;
  16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun; 

Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat; Menghargai adanya perbedaan pendapat

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Erwan Syaifudin, S.Pd.Jas.

- Kepala Sekolah -

Sebagai lembaga pendidikan, SMK Maarif Ponjong tanggap dengan perkembangan teknologi. Dengan dukungan SDM yang di miliki sekolah ini siap...

Berlangganan
Banner